FESTIVAL DAN EVENT DI GUNUNG BROMO INI COCOK JADI REFERENSI LIBURANMU, YUK CATAT!



Biasanya orang-orang mengunjungi Bromo karena ingin melihat keindahan Bromo atau mungkin ingin melakukan pendakian dengan berakhir melihat matahari terbit. Tapi, festival-festival di Bromo berikut juga bisa jadi alasan kamu untuk mengunjungi gunung Bromo. Karena festival-festival yang diadakan di gunung Bromo ini terlalu sayang banget untuk kamu lewatkan. Pokoknya, seru banget! Ada banyak hal baru dan unik yang pasti kamu nikmati saat festival. Mulai dari mengikuti upacara adat asli di tengah malam sampai menonton konser musik jazz dengan panorama gunung di depan mata. 

For your information, kebanyakan event bakal diselenggarakan satu tahun sekali. So, pastikan kamu engga melewatinya ya, karena kamu bakal butuh satu tahun lagi untuk menunggu. 

Jadi, yuk simak baik-baik dan catat tanggalnya!


1. EKSOTIKA BROMO

 

Tanggal    : 4-5 Juli 2020

Ini adalah festival yang paling ngga boleh kamu lewatkan, apalagi kalau kamu punya rencana untuk melihat upacara Yadnya Kasada. Karena ini adalah festival untuk menyambut upacara adat tersebut. Jadi rencanakan trip mu lebih awal untuk menonton festival yang satu ini.

Dalam Eksotika Bromo ada banyak penampilan yang bakal meriah banget, seperti tari tradisional Reog, Remo dan Jaranan. Bahkan kamu bisa menikmati sunset Bromo yang indah banget. Bahkan tahun lalu, yaitu Eksotika Bromo 2019 sukses menjadi Top 30 Events Calender of Event Wonderful Indonesia



2. YADNYA KASADA


Tanggal    : 12-18 Juli 2020

Event Bromo yang satu ini pasti udah ngga asing lagi bagi kalian traveller maupun kalian yang pernah ke gunung bromo. Yap, ini adalah acara yang paling terkenal dan ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Yadnya Kasada ini sebenarnya adalah upacara adat tahunan yang diselenggarakan tiap bulan Kasad yang dilaksanakan oleh masyarakat Tengger. Masyarakat Tengger adalah orang-orang yang tinggal di sekitar kawasan gunung Bromo. 

Pada upacara ini, masyarakat Tengger akan berbondong-bondong menuju ke gunung Bromo sambil membawa hasil bumi mereka seperti sayuran dan buah-buahan lalu mereka berdoa sampai tengah malam di Pura Luhur Poten. Setelah itu mereka akan menuju ke kawah gunung Bromo dan membuang hasi bumi yang mereka bawa tadi. Upacara ini dianggap dilakukan sebagai rasa syukur masyarakat Tengger kepada Tuhan yang telah memberi mereka hasil panen yang melimpah. Kamu bisa langsung mengunjungi Pura Luhur Poten atau bisa mengikuti iring-iringan masyarakat Tengger tadi dari lingkungan rumah sampai ke kawah Bromo. Kemudian kamu bisa langsung nikmati matahari terbit dari kawah Bromo atau kunjungi puncak Penanjakan 1 untuk mendapatkan view melihat matahari terbit lebih indah. 

Ini bakal jadi trip yang komplit banget, mulai dari budaya sampai alam bromo dan pemandangan matahari terbit. Seru, deh.

Tips untuk kamu:

                       aTidur cukup di siang hari

                           Pastikan kamu lakukan hal ini karena upacara ini bisa diadakan sampai pagi 

                         hari.

                        b. Siapkan baju super tebal

    Ini wajib banget kamu lakukan. Selain karena suhu udara di gunung Bromo memang dingin, tapi suhu udara di kawah Bromo jauh lebih rendah bahkan bisa mencapai 5 derajat celcius, lho!

c. Selalu jaga kesehatan

    Kamu harus bertahan di suhu rendah dan di festival ini pasti ramai pengunjung, jadi kamu harus bisa bertahan diantara lautan para pengunjung.


3. BROMO JAZZ FESTIVAL


Tanggal    : 24-25 Juli 2020

Tempat    : Amfiteater Bromo, Jiwa Jawa Resort Bromo

Jika kamu ingin mengunjungi Bromo saat bromo jazz festival ini, kamu bisa pilih untuk ikuti program paket wisata bromo jazz atau datang secara personal. Juga pastikan kamu menyewa penginapan jauh-jauh hari sebelumya, karena ini adalah festival yang selalu ditunngu banyak orang tiap tahunnya terutama pecinta jazz. Untuk harga tiketnya berkisar mulai dari 350 ribu sampai 1.9 juta rupiah. 

Kalian dapat merasakan pertunjukan musik unik dengan latar belakang alam gunung Bromo mulai dari lautan pasirnya sampai gunung Bromo yang memesona tersebut.

Bagaimana? Pengalaman yang luar biasa banget, bukan?


4. PASURUAN BROMO MARATHON


Tanggal    : 6 September 2020

Untuk kamu pecinta olahraga marathon, wajib banget ikut event yang satu ini. Bromo marathon bakal jadi salah satu pengalaman olahraga unik yang pernah kamu rasakan, karena marathon ini bakal diadakan di gunung Bromo.

Track yang dipilih disini adalah Kawasan pinggir gunung Bromo agar para pelari penasaran seperti apa Bromo dan mengunjunginya. Saat kamu berlari tidak hanya melewati track jalanan tetapi juga pasir dari lautan pasir gunung Bromo. Ada satu lagi benefit yang bisa kamu dapatkan yaitu kamu bakal melewati track dengan pemandangan luar biasa yang engga bisa kamu dekati saat naik mobil jeep. Jadi di track tersebut banyak pelari yang singgah sebentar untuk berfoto. Asik banget, kan? Yuk ikuti!

 ...

Nah, itu dia event juga festival yang ada di gunung Bromo. Mana yang akan jadi tujuan liburanmu tahun ini? Apapun pilihanmu, yang terpenting adalah selalu jaga kesehatan dan ikuti selalu peraturan yang ada.

Jangan sampai ketinggalan, ya!


Comments

Popular Posts